Keuntungan Membeli di Official Store:
Dijual Oleh Brand Resmi
Respon dan Pelayanan Cepat
Transaksi Aman dan Nyaman
Harga Promo Eksklusif
jualJual Humic Acid/Asam humad load load load

Jual Humic Acid/asam Humad

Rp - /Kg

Min Pembelian: -

Stok: - Kg

tag:

Dilihat:
Update:
Diskusi
Info Penjual
Foto profil

Transaksi Aman Gunakan Rekening Bersama Agromaret

  1. Hanya pembayaran melalui rekening an PT Agromaret Digital Indonesia dijamin 100% aman. Lihat selengkapnya
  2. Uang pasti dikembalikan jika barang tidak diterima

Deskripsi produk

HUMIC ACID (Asam humus / Asam Humat)

TEORI HUMATE

Asam humus (humic acid) adalah sebuah substansi yang memiliki struktur yang komplek dengan molekul 1500. Secara praktis tidak larut (insoluble) atau mengendap dengan asam tetapi larut (soluble) dengan basa. Struktur kimia humic acid memiliki banyak gugus fungsional antara lain:

1.            Gugus karboksil (-COOH) dan gugus phenol (-OH), keduanya memiliki muatan ion negatif sehingga mampu mengikat ion positif logam berat dan membentuk sebuah komplek organo logam atau senyawa khelat (chelate).

2.            Gugus kuinon yang mampu menangkap dan mengumpulkan energi sinar matahari dan merubahnya dalam bentuk tingkat energi yang lebih tinggi.

 

MANFAAT HUMIC ACID BAGI TANAH

Humic acid yang terkandung dalam humate bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah. Peranan humic acid bagi tanah adalah kaitannya dengan perubahan sifat-sifat tanah yaitu sifat fisika, biologi dan kimia tanah.

 

1. PENGARUH HUMIC ACID PADA SIFAT FISIKA TANAH

·                     Humic acid mempunyai kemampuan arsorpsi air sekitar 80-90%. sehingga pergerakan air secara vertikal (infiltrasi) semangkin meningkat dibandingkan secara horizontal, berguna untuk mengurangi resiko erosi pada tanah. Selain itu juga meningkatkan kemampuan tanah menahan air.

·                     Humic acid berperan sebagai granulator atau memperbaiki struktur tanah. Terjadi karena tanah mudah sekali membentuk kompleks dengan humic acid, terjadi karena meningkatnya populasi mikroorganisme tanah, diantaranya adalah jamur cendawan dan bakteri = Hasilnya adalah tanah yang lebih gembur berstruktur remah dan relatif lebih ringan.

·                     Meningkatkan aerasi tanah akibat dari bertambahnya pori tanah (porositas) akibat pembentukan agregat. Udara yang terkandung dalam pori tanah tersebut umumnya didominasi oleh gas-gas O2, N2, CO2. Hal ini penting bagi pernafasan (respirasi) mikro-organisme tanah dan akar tanaman.

·                     Menggelapkan warna tanah menjadi semakin coklat kehitaman, sehingga meningkatkan penyerapan radiasi sinar matahari yang akan meningkatkan suhu tanah menjadi lebih hangat

2. PENGARUH HUMIC ACID PADA SIFAT KIMIA TANAH

·                     Meningkatkan kapasitas tukar kation (KTK). Peningkatkan tersebut menambah kemampuan tanah untuk menahan unsur-unsur hara atau nutrisi. Humic acid membentuk kompleks dengan unsur mikro sehingga melindungi unsur tersebut dari pencucian oleh air hujan. Unsur N, P, dan K diikat dalam bentuk organik atau dalam tubuh mikroorganisme sehingga dapat dipertahankan dan sewaktu-waktu dapat diserap oleh tanaman, sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk kimia

·                     Humic acid mampu mengikat logam berat (membentuk senyawa khelate) kemudian mengendapkan sehinggga mengurangi keracunan tanah atau menurunkan kadar Fe dan Al.

·                     Meningkatkan pH tanah masam akibat penggunaan pupuk kimia yang terus-menerus. Terutama tanah yang banyak mengandung alumunium karena humic acid mengikat Al sebagai senyawa kompleks yang sulit larut dalam air (insoluble) sehingga tidak dapat terhidrolisis.

·                     Ikatan kompleks yang terjadi antara humic acid dengan Fe dan Al merupakan antisipasi terhadap ikatan yang terjadi antara unsur P (phosphorus) dengan Al dan Fe, sehingga unsur P dapat diserap secara maksimal oleh tanaman.

3. PENGARUH HUMIC ACID PADA SIFAT BIOLOGI TANAH

·                     Akibat pengaruh humic acid terhadap sifat fisika tanah dan kimia tanah, sehingga menciptakan situasi tanah yang kondusif untuk menstimulasi perkembangan mikroorganisme tanah yang berfungsi dalam proses dekomposisi yang menghasilkan humus (humification)

·                     Aktifitas mikroorganisme di atas tanah akan menghasilkan hormon-hormon pertumbuhan seperti auxin, sitokinin, dan giberillin

AUKSIN berfungsi ;

·                     Merangsang proses perkecambahan biji

·                     Memacu proses terbentuknya akar dan pertumbuhannya

·                     Merangsang pucuk tanaman dan akar yang tak mau berkembang menjadi mampu berkembang kembali.

SITOKININ berfungsi ;

·                     Memacu pembelahan dan pembesaran sel sehingga mampu memacu pertumbuhan

·                     Merangsang pembentukan tunas-tunas baru

·                     Mencegah kerusakan pada hasil panenan, sehingga lebih awet.

GIBERILLIN berfungsi :

·                     Meningkatkan pembungaan dan pembuahan

·                     Meningkatkan prosentase jadinya bunga dan buah

·                     Mengurangi kerontokan bunga dan buah

·                     Mendorong partenokarpi atau pembuahan tanpa proses penyerbukan

MANFAAT HUMIC ACID BAGI TANAMAN

Humate bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman, terdapat dua proses penting yaitu :

1.            Peningkatan energi sel tanaman dan sebagai hasilnya adalah intensifikasi proses pertukaran ion. Sehingga mempercepat pertumbuhan sistem akar dan membuat akar lebih panjang.

2.            Peningkatan permebilitas (kemampuan penyerapan) membran sel tanaman. Memudahkan nutrisi terserap ke dalam sel serta mempercepat proses pernafasan (respirasi) tanaman.

Bagikan:


Diskusi Produk () Gabung Diskusi

Punya pertanyaan? diskusikan di sini

Lihat semua >

load kontenloading more



Produk sejenis Lihat kategori

Diskusi

Diskusi

Silahkan login terlebih dahulu

Kirim Pesan

Mohon berhati-hati jika bertransaksi di luar agromaret. Gunakan rekening bersama agromaret untuk menghindari penipuan. Cek panduan di sini.
Ke:
User agromaret
Loading ...
Subyek:
Jual Humic Acid/Asam humad
Jual Humic Acid/Asam humad

Menu utama

Penjualan

pertanian
peternakan
perikanan
lain-lain

Permintaan

pertanian
peternakan
perikanan
lain-lain

Kerjasama

pertanian
peternakan
perikanan
lain-lain

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Masuk Daftar
Home Kategori

Penjualan

Permintaan

Kerjasama

Pengguna

Semua Provinsi