Selamat datang, Login   Daftar Anggota Panduan   Tentang Kami   Standar Penulisan
                    
 
HINDARI PENIPUAN. BACA TIPS BERIKUT SEBELUM BERTRANSAKSI  
   2014-07-25 13:47:48 Kontak admin: agromaretweb[at]gmail[dot]com   
beranda harga komoditi jaringan supplier saung agromaret
Subyek: [menghilangkan kolam bau lele]  
 AMOEBA
Menghilangkan Bau Kolam Lele

Menghilangkan Bau Kolam Lele
Banyak cara untuk beternak lele, di kolam tanah, kolam terpal dan kolam yang menggunakan tembok. Kolam lele kurang begitu baik bagi pertumbuhan lele jika menggunakan air baru dan mengalir, lele tidak seperti ikan Nila atau ikan Mas yang punya sisik.
Kolam lele dengan air yang tidak mengalir, akan timbul persoalan baru yaitu air kolom menjadi bau tidak sedap. Jika kolam lele tersebut jauh dari lingkungan penduduk tidak begitu masalah, tetapi kalau kolam lele di halaman rumah atau dekat lingkungan penduduk hal ini menjadi masalah.
Banyak cara untuk menghilangkan bau kolam lele, seperti menamam eceng gondok, menggunakan bak penyaringan, organik  atau zat kimia untuk menghilangkan bau dan lain sebagainya.
Mengapa Kolam lele airnya menjadi bau? Hal ini terjadi bukan hanya air tidak mengalir, bisa juga terjadi karena sisa pakan dan kotoran lele .
Untuk merangsang pertumbuhan lele biasanya diberikan pupuk organik, seperti Biodycon misalnya atau produk lain. Sehingga lele menjadi napsu makan, dengan demikian banyak menghabiskan pakan dalam waktu singkat. Pakan lele bisa diberikan siang dan malam, untuk memicu pertumbuhan lele agar dalam waktu relative singkat bisa dipanen. Selain pemberian pakan berupa pelet, juga diberikan pakan tambahan berupa limbah hewan atau telur busuk yang direbus.
Untuk menghilangkan bau kolam lele telah disinggung di atas, cara lain juga dapat dilakukan dan menguntungkan adalah menaman tanaman air di atas kolam lele., tanaman yang cocok untuk di tanaman seperti kangkung. Kangkung dalam waktu singkat dapat dipanen untuk menyesuaikan umur panen lele
Untuk menamam kangkung di atas kolam lele yang berfungsi untuk menghilangkan bau kolam lele, menyaring kotoran dan menambah okigen. Untuk keperluan di atas, Peralatan yang diperlukan antara lain
1.       Pompa air untuk aquarium yang 25 watt dan pipa atau slang
2.       Talang atau bambu
3.       Busa atau tapas kelapa.
4.       Bibit Kangkung (biji atau stek)
Bangun talang di atas kolam lele dengan digantung atau dengan cara lain. Masukan busa atau tapas kelapa atau bahan lainnya pada talang, berikan pemberat diatas media agar tidak terbawa arus. Alirkan air kolam lele dengan pompa air akurium, sebelum ditanam kangkung biarkan air mengalir ke talang selama dua atau tiga hari, maksudnya adalah  agar kotoran dalam kolam lele masuk ke dalam talang dan nyangkut pada media. Sebelum bibit kangkung ditanam, rendam terlebih dahulu oleh air dicampur 1-2 Biodycon selama 30 menit. Masukan bibit kangkung yang telah direndam di atas busa yang telah dilubangi, masukan biji kangkung dengan rapi. Dua tiga hari kemudian kangkang akan tumbuh dan 20-25 hari kangkung bisa dipanen.
hub lanjut: 085730009473/082131376691
28 Apr 2011 - 12:07:00
NURRINDRO 
Trims pak, info-infonya sangat bermanfaat, bisa dimanfaatkan untuk bisnis maupun skala kecil guna memenuhi kebutuhan dapur sendiri.
16 Jun 2011 - 21:23:06  
BALAS KOMENTAR
(Silahkan login untuk memberikan komentar)
 
Copyright@2011 agromaret.com