Keuntungan Membeli di Official Store:
Dijual Oleh Brand Resmi
Respon dan Pelayanan Cepat
Transaksi Aman dan Nyaman
Harga Promo Eksklusif
jualBenih Jati (Tectona grandis) load load load

Benih Jati (tectona Grandis)

Rp 40,000 - 50,000 /Kg

Min Pembelian: -

Stok: 10 Kg

tag:

Dilihat:
Update:
Diskusi
Info Penjual
Foto profil

Transaksi Aman Gunakan Rekening Bersama Agromaret

  1. Hanya pembayaran melalui rekening an PT Agromaret Digital Indonesia dijamin 100% aman. Lihat selengkapnya
  2. Uang pasti dikembalikan jika barang tidak diterima

Deskripsi produk

Sebaran Tumbuh

 

Sebaran alami di India, Myanmar dan Thailand.  Penyebaran tanaman di Indonesia ditemukan di seluruh Jawa, Sulawesi, Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumbawa, Maluku, dan Lampung.  Tumbuh pada ketinggian 0 – 900 m dpl dengan curah hujan 1500 – 3000 mm/ tahun.  Tumbuh pada tanah berlapisan dalam, subur, berdrainase baik, netral.  Toleran terhadap tanah padat.  Jenis ini tahan terhadap api (moderat) dan angin.

 

Pengumpulan Benih

 

Jati umumnya berbuah pada bulan Juli – Agustus.  Buah dikumpulkan di bawah tegakan.  Benih yang masak dicirikan oleh kulitnya yang berwarna coklat.  Kadar air benih jati berkisar antara 10 – 13 %, dengan berat per satuan benih 0,55 – 0,92 gram, dan diameter benih 1,38 – 1,56 cm.  Penanaman di Jawa oleh Perum Perhutani pada umumnya menggunakan” benih” berukuran diameter 14 mm.  Pohon jati diperkirakan mulai berbuah pada umur 7 tahun.  Potensi produksi buah per pohon di Jawa bervariasi antara 0,5  - 3 kg.  Jumlah benih per kg ± 1500 butir.

 

Perkecambahan

 

Perkecambahan benih Jati umumnya menghasilkan daya berkecambah yang bervariasi dan cukup rendah (30 – 70 %).  Perlakuan pendahuluan sebelum benih ditabur adalah dengan cara merendam benih dalam air yang selalu diganti selama 3 hari.  Media perkecambahan yang dipergunakan adalah pasir yang telah diayak dan dijemur / dipanaskan.  Penaburan dilakukan dengan bekas tangkai menghadap ke bawah sedalam kurang lebih 2 cm.  Penyiraman dilakukan hanya apabila kondisi media kurang air (2 – 3 hari sekali).  Cara mengecambahkan jati di rumah kaca dilakukan dengan menabur benihnya pada bak kecambah denga media campuran pasir tanah (1 : 1 ), dan ditutup dengan plastic transparan serta disiram 9 hari sekali.  

 

Pencegahan Hama dan Penyakit

 

Pencegahan terhadap benih apabila terserang penyakit (jamur) adalah dengan memberikan fungisida seperti Dithane M – 45 ( gr/liter air)

 

Persemaian

 

Media semai yang dipergunakan adalah campuran pasir + tanah + kompos daun (7 : 2 : 1) ukuran polybag 1o x 15 cm.  Pemupukan dilakukan setelah bibit berumur 2 minggu dengan pupuk NPK cair (5 gram / liter air).  Pemupukan dilakukan setiap 2 minggu sekali sampai bibit siap tanam umur 3 bulan.  Di persemaian diperlukan shadding net dengan kerapatan 40 %.

Sumber :

 

 

-  Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia

Bagikan:


Diskusi Produk () Gabung Diskusi

Punya pertanyaan? diskusikan di sini

Lihat semua >

load kontenloading more



Produk sejenis Lihat kategori

Diskusi

Diskusi

Silahkan login terlebih dahulu

Kirim Pesan

Mohon berhati-hati jika bertransaksi di luar agromaret. Gunakan rekening bersama agromaret untuk menghindari penipuan. Cek panduan di sini.
Ke:
User agromaret
Loading ...
Subyek:
Benih Jati (Tectona grandis)
Benih Jati (Tectona grandis)

Menu utama

Penjualan

pertanian
peternakan
perikanan
lain-lain

Permintaan

pertanian
peternakan
perikanan
lain-lain

Kerjasama

pertanian
peternakan
perikanan
lain-lain

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Masuk Daftar
Home Kategori

Penjualan

Permintaan

Kerjasama

Pengguna

Semua Provinsi