Keuntungan Membeli di Official Store:
Dijual Oleh Brand Resmi
Respon dan Pelayanan Cepat
Transaksi Aman dan Nyaman
Harga Promo Eksklusif
jualBenih Secang (Caesalpinia sappan) load load load

Benih Secang (caesalpinia Sappan)

Rp 30,000 - 35,000 /Kg

Min Pembelian: -

Stok: 10 Kg

tag:

Dilihat:
Update:
Diskusi
Info Penjual
Foto profil

Transaksi Aman Gunakan Rekening Bersama Agromaret

  1. Hanya pembayaran melalui rekening an PT Agromaret Digital Indonesia dijamin 100% aman. Lihat selengkapnya
  2. Uang pasti dikembalikan jika barang tidak diterima

Deskripsi produk

Sebaran Tumbuh

 

Asa l -usul tumbuhan ini tidak diketahui dengan pasti akan tetapi ada pula yang memperkirakan bahwa secang berasal dari wilayah sekitar India tengah, ke timur hingga Cina selatan, dan ke selatan Semenanjung Malaya.  Di kawasan Asia Tenggara dan Nusantara.  Tumbuhan ini telah lama dibudidayakan orang, bahkan sebagiannya telah meliar kembali di alam. Di Afrika tumbuhan ini tercatat didapati di Nigeria , Kongo, Uganda, Tanzania, Reunion, Mauritius, dan Afrika Selatan.  Tanaman ini menyenangi tempat terbuka sampai ketinggian 1.000 m dpl, seperti di daerah pegunungan yang berbatu tetapi tidak terlalu dingin. Secang tumbuh liar dan kadang ditanam sebagai tanaman pagar atau pembatas kebun.

 

Pengumpulan Benih

 

Musim berbunga secang dari bulan Januari sampai dengan Desember.  Perdu atau pohon kecil, tinggi 5 -10 m, batang dan percabangannya berduri tempel yang bentuknya bengkok dan letaknya tersebar, batang bulat, warnanya hijau kecoklatan.  Daun majemuk menyirip ganda, panjang 25 - 40 cm, jumlah anak daun 10 - 20 pasang yang letaknya berhadapan.  Anak daun tidak bertangkai, bentuknya lonjong, pangkal rompang, ujung bulat, tepi rata dan hampir sejajar, panjang 10 - 25 mm, lebar 3 - 11 mm, warnanya hijau.  Bunganya bunga majemuk berbentuk malai, keluar dari ujung tangkai dengan panjang 10 - 40 cm, mahkota bentuk tabung, warnanya kuning.  Buahnya buah polong, panjang 8 - 10 cm, lebar 3 - 4 cm, ujung seperti paruh berisi 3 - 4 biji, bila masak warnanya hitam.  Biji bulat memanjang, panjang 15 - 18 mm, lebar 8 - 11 mm, tebal 5 - 7 mm, warnanya kuning kecoklatan.  Panenan kayu dapat dilakukan mulai umur 1 - 2 tahun. Kayunya bila digodok memberi warna merah gading muda, dapat digunakan untuk pengecatan, memberi warna pada bahan anyaman, kue, minuman atau sebagai tinta.  Perbanyakan dengan biji atau stek batang.

 

 

Perkecambahan

 

Media tabur berupa campuran tanah dan pasir (1 : 1).  Perkecambahan benih Secang ini perlu dilakukan pendahuluan dengan cara direndam dengan air panas selama 30 menit dan air dingin selama 24 jam.

 

Pencegahan Hama dan Penyakit

 

Benih Secang dapat disimpan dengan mutu benih yang tetap baik dalam wadah kaleng yang tertutup rapat selama 2,5 tahun pada suhu ruangan dan dilakukan penemuran 1 bulan sekali agar terbebas dari jamur dan serangga.

 

Persemaian

 

Media semai menggunakan tanah + TSP + pupuk kandang (8 : 1,5 gram : 1).  Ukuran kantong plastik yang baik  untuk pembuatan bibit adalah 16 x 10 cm.  Bibit siap tanam dilapangan setelah berumur 3 bulan.

 

Sumber :

 

-  Atlas Benih Tanaman Hutan Indonesia

-  Wikipedia

-  Lansida

-  Internal CV. Karya Barokah

 

Up. date 05 Januari 2016

 

 

Bagikan:


Diskusi Produk () Gabung Diskusi

Punya pertanyaan? diskusikan di sini

Lihat semua >

load kontenloading more



Produk sejenis Lihat kategori

Diskusi

Diskusi

Silahkan login terlebih dahulu

Kirim Pesan

Mohon berhati-hati jika bertransaksi di luar agromaret. Gunakan rekening bersama agromaret untuk menghindari penipuan. Cek panduan di sini.
Ke:
User agromaret
Loading ...
Subyek:
Benih Secang (Caesalpinia sappan)
Benih Secang (Caesalpinia sappan)

Menu utama

Penjualan

pertanian
peternakan
perikanan
lain-lain

Permintaan

pertanian
peternakan
perikanan
lain-lain

Kerjasama

pertanian
peternakan
perikanan
lain-lain

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Kategori Utama

Masuk Daftar
Home Kategori

Penjualan

Permintaan

Kerjasama

Pengguna

Semua Provinsi